Apa itu Domain dan Web Hosting? - PasBlogger

2018-09-08

Apa itu Domain dan Web Hosting?

Jika anda ingin membuat sebuah blog atau website anda harus mempersiapkan sebuah nama domain dan web hosting. Bagi sebagian orang, istilah domain dan hosting mungkin masih terasa asing khususnya bagi anda yang masih pemula. Sangat penting untuk memahami perbedaannya sebelum anda memutuskan untuk mulai membuat sebuah website pertama anda.

Definisi Singkat Domain dan Hosting?


Apa itu Domain?

Apa itu Domain?

Domain atau nama domain adalah nama khusus yang digunakan untuk mengenali nama web server di jaringan komputer atau pun internet.

Nama domain disebut juga dengan istilah URL, atau alamat website dan bukanlah sesuatu yang bersifat fisik yang dapat anda sentuh. Karena nama domain hanya berupa serangkaian karakter yang terdiri dari huruf atau angka yang memberikan identitas pada sebuah situs web di internet.

Contoh Domain

Contoh domain seperti "Google.com" "Facebook.com" "Pasblogger.com" adalah nama domain dari situs web yang memiliki ekstensi .com. Google, Facebook, dan Pasblogger adalah nama domain, sedangkan .com adalah ekstensi yang digunakan nama domain tersebut.

Apakah ekstensi domain hanya berakhiran .com? Tentu saja tidak, karena selain .com banyak sekali jenis ekstensi domain lainnya seperti .net, .id, .co.id, .biz, .asia dan lain sebagainya.

Penggunaan ekstensi domain tidak boleh asal pakai, terutama untuk ekstensi .gov, .edu, .go.id dan beberapa ekstensi lainnya yang hanya diperuntukkan bagi situs web lembaga pendidikan atau pemerintah saja. Jika nanti anda mendaftarkan domain untuk membuat website atau blog pribadi, saran saya... gunakan ekstensi-ekstensi yang populer seperti .com, .net, atau .id.

Penting untuk kita ketahui... Bahwa semua nama domain itu unik, yang berarti hanya ada satu domain PasBlogger.com di dunia ini. Dan anda tidak dapat mendaftarkan nama domain yang telah didaftarkan oleh orang lain, organisasi atau perusahaan lain sebelumnya (diatur oleh ICANN).

Fungsi dan Manfaat Domain

Fungsi nama domain adalah untuk mempermudah pengguna internet saat mengunjungi server atau sebuah situs web tanpa harus mengingat deretan angka yang rumit atau yang dikenal dengan alamat IP.

Sebagai contoh, jika anda ingin mengunjungi Google anda harus mengetikkan 216.58.218.196 pada address bar browser anda (bagian atas jendela browser) dan mengingat atau mencatat deretan angka tersebut ketika anda ingin mengunjunginya kembali.


Artikel Terkait:



Contoh lain, anda harus mengingat  alamat IP 157.240.13.35 untuk mengunjungi Facebook. boleh dicoba :). Bayangkan saja, di internet ini ada ratusan juta bahkan milliaran website dari seluruh dunia dan jika tidak ada nama domain, maka anda harus mengingat jutaan alamat IP pada setiap situs web yang ingin anda kunjungi.

Apa itu Web Hosting?

Web hosting adalah sebuah ruang online (non fisik) di internet yang disediakan atau disewakan oleh layanan web hosting untuk menampung file-file sebuah website baik itu berupa teks, gambar, video, HTML dan lain-lain sehingga dapat dengan mudah diakses oleh pengguna internet.

Sederhananya, anda tidak akan bisa membaca artikel ini jika PasBlogger.com tidak dihosting oleh Google. Tanpa hosting, ketika anda mengetikkan nama domain PasBlogger.com di address bar maka anda hanya akan melihat sebuah halaman kosong di perangkat anda.

Apa itu Web Hosting?


Hosting terdiri dari sebuah server atau gabungan dari server-server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi. Jika kita analogikan website adalah sebuah toko atau bangunan, maka hosting adalah sepetak tanah dan domain adalah alamat atau nama tokonya.

Penyedia Layanan Hosting

Pada umumnya, istilah web hosting sering mengacu pada penyedia jasa layanan hosting yang menyewakan komputer atau server mereka dengan konektivitas Internet yang berkecepatan tinggi untuk menyimpan situs web sehingga pengguna lain dapat mengakses file dari sebuah situs web tersebut.

Ada banyak sekali perusahaan penyedia jasa layanan hosting di internet yang melayani kebutuhan web hosting & registrasi domain dengan harga yang terjangkau seperti Google Cloud, GoDaddy, HostGator, DreamHost, SiteGround, Exabytes, NiagaHoster, Hostinger dan lain-lain.

Sebagian besar perusahaan hosting memiliki fasilitas untuk mendaftarkan nama domain bagi penggunanya. Beberapa diantaranya, bahkan menawarkan berbagai promo seperti domain dan SSL gratis dengan membeli paket hosting tertentu.

Sampai disini, saya harap anda sudah mempunyai sedikit gambaran mengenai domain dan hosting. Demikian artikel pembelajaran singkat mengenai pengertian Domain dan Hosting, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di pembelajaran berikutnya.
Comments


EmoticonEmoticon