Apa itu SEO dan SEM? Apa Perbedaannya? - PasBlogger

2018-09-10

Apa itu SEO dan SEM? Apa Perbedaannya?

Apa itu SEO dan SEM? Apa Perbedaanya?
SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) adalah teknik yang sering digunakan oleh seorang Internet Marketer dalam pembuatan sebuah konten untuk situs web. Keduanya merupakan perpaduan yang sempurna untuk pemasaran web yang efektif.

Apa itu SEO dan SEM? Apa Perbedaannya?

Bagi pemula seperti kita, ini memang terlihat rumit. Namun jika anda yang ingin menekuni bisnis online - memasarkan produk atau jasa - melalui situs web , mempelajari SEO dan SEM adalah salah satu kunci untuk kesuksesan bisnis online anda.

Nah, hari ini kita akan belajar secara singkat mengenai definisi SEO dan SEM - mengetahui letak perbedaan dan persamaannya - agar lebih memperjelas pemahaman kita bagaimana keduanya bekerja untuk pemasaran online yang efektif.

Apa itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) dapat didefinisikan sebagai seni menggunakan kata kunci, frasa atau pencarian yang ditargetkan untuk meningkatkan peringkat sebuah situs web di meta search engine seperti Google, Bing atau Yahoo.

Istilah SEO pertama kali digunakan sekitar tahun 1997-an. Di dunia SEO, semakin tinggi visibilitas (tingkat keterlihatan) makan akan semakin banyak trafik situs web yang didapatkan.

Tentu saja hal ini akan mendatangkan lebih banyak klien atau pengunjung. Coding, HTML, pembuatan konten, SEO on-page, link building, SEO off-page, pengindeksan, dan pemahaman algoritme mesin pencari adalah beberapa hal teknis yang tidak dapat dipisahkan dari SEO.

Apa itu SEM?

SEM (Search Engine Marketing) dapat didefinisikan sebagai seni meningkatkan visibilitas ke situs web melalui iklan (mis. Google Ads) atau pencarian alami, yang merupakan bagian dari (SEO), pada meta search engine. Intinya, SEO adalah bagian dari SEM, meskipun SEM pertama kali digunakan tiga tahun kemudian, pada tahun 2000.

Perbedaan SEO dan SEM

Apa perbedaan SEO dan SEM? SEO adalah serangkaian proses yang sistematis untuk menjaring trafik dengan mengandalkan penelusuran organik atau alami melalui search engine. Sementara SEM lebih kepada menggunakan iklan, pemasaran, dan promosi seperti fitur PPC Online melalui search engine dan lain-lain.

Yaitu, ketika pengguna mengetikkan kata kunci (keyword) atau frasa yang berhubungan dengan kata kunci yang ditargetkan (setelah melalui proses riset keyword yang komprehensif) kemudian pengguna melakukan klik, maka pengiklan akan membayar biaya iklannya .

SEO adalah bagian spesifik dari SEM; SEM melibatkan lebih banyak aspek periklanan, laba, dan promosi. SEO terlibat dengan pencarian organik, dan membangun kesadaran dan basis klien. biasanya membutuhkan waktu lebih lama, SEM terlibat dengan iklan, dan karena itu memiliki hasil yang lebih cepat.

Persamaan SEO dan SEM

Apa persamaan antara SEO dan SEM? Pada tingkat yang sangat dasar, keduanya memiliki kesamaan karena keduanya digunakan untuk tujuan meningkatkan visibilitas dan kepercayaan pada situs web untuk meningkatkan bisnis. SEO dan SEM terjalin, karena SEO diperlukan ketika beriklan untuk SEM, tetapi SEM tidak penting untuk SEO.

Pencarian organik, stabilitas, dan membangun kepercayaan untuk membangun situs web yang sukses diperlukan pada awalnya (SEO), sebelum iklan, pemasaran, dan promosi dapat digunakan (SEM). Selain itu, SEO dan SEM saling berkaitan, dan pada dasarnya berbicara dengan bahasa yang sama.

Pada dasarnya, meskipun rata-rata pengguna internet mungkin tidak memperhatikan atau memahami definisi, perbedaan, dan persamaan antara SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing), mereka secara tidak sengaja - atau mungkin secara sadar terlibat dengan keduanya pada saat akses internet.

Nah... Jika hari ini anda ingin mulai memasarkan bisnis anda - baik itu berupa produk, jasa atau menjual produk dengan cara dropship - melalui internet, maka anda harus memiliki sebuah website yang telah "disentuh" oleh SEO dan SEM.
Comments


EmoticonEmoticon