8 Cara Meningkatkan Traffic Blog atau Website Tanpa SEO - PasBlogger

2018-09-28

8 Cara Meningkatkan Traffic Blog atau Website Tanpa SEO

Cara Meningkatkan Trafik Blog


Ingin meningkatkan traffic blog atau website? SEO adalah salah satu cara efektif untuk melonjakkan lalu lintas pengunjung ke blog anda. Sayangnya, tidak semua blogger pemula mampu memahami dan menerapkan strategi SEO dengan tepat. Praktek keyword stuffing sangat rentan terjadi. Tanpa teknik SEO yang benar, justru yang terjadi malah sebaliknya. Nah dalam artikel ini, kita akan mempelajari bagaimana cara meningkatkan traffic blog tanpa SEO.

Dewasa ini, teknologi internet telah mengalami revolusi dan perkembangan yang sangat pesat. Banyak istilah-istilah - bidang ilmu pengetahuan internet - dan profesi-profesi baru terkait internet yang masih terdengar asing di telinga kita.

Demikian pula konsep bisnis internet marketing dan content marketing. Perusahaan maupun individu mulai memanfaatkan media blog atau website untuk menjaring target audiens yang tepat sebagai upaya untuk meningkatkan pemasaran yang lebih efektif dan lebih cepat.

Namun sebuah website tanpa sentuhan SEO tidak akan memberikan hasil yang memuaskan. Itulah alasan mengapa banyak perusahaan, UMKM dan usaha-usaha yang sudah go online lainnya menyewa jasa seorang SEO Analyst. Internet memang peluang besar, tapi persaingan juga sangat ketat. Dan solusinya adalah SEO.

Nah, dalam dunia blogging juga demikian. Seorang Blogger yang sudah lama ngeblog, - mau tidak mau - harus mengetahui apa itu SEO, mempelajari dan menerapkannya untuk memasarkan konten mereka dengan tepat sehingga dapat meningkatkan traffic visitor ke blog mereka.

Wah... lagi-lagi SEO, saya kan Blogger pemula yang belum paham tentang SEO! :) Jadi, ada ga sih cara praktis meningkatkan traffic blog tanpa teknik SEO? Semoga 8 tips dibawah ini bisa menjawab pertanyaan anda.

8 Cara Meningkatkan Traffic Blog atau Website Tanpa Teknik SEO


1. Membuat Artikel Berkualitas

Membuat artikel untuk blog memang tidak mudah. Terutama bagi seseorang yang belum memahami teknik dasar cara menulis artikel yang berkualitas dan SEO-friendly. Ada sedikit perbedaan ketika anda menulis artikel untuk makalah, buku dan lain-lain.

Pengunjung blog tidak memiliki cukup waktu untuk membaca tulisan anda dan cenderung ingin berpindah-pindah dengan cepat dari satu blog ke blog lainnya. Berbeda dengan membaca buku, biasanya mereka akan meluangkan waktu khusus untuk menyelesaikan bacaannya.  Kecuali jika tulisan di blog anda memang benar-benar menarik perhatian mereka.

Jadi, jika anda ingin membuat pembaca betah berlama-lama di blog anda, membaca tulisan anda hingga titik kata penghabisan, Mulailah untuk memperhatikan kualitas artikel yang anda posting.

Saya jamin, ketika pembaca blog merasa puas dengan artikel yang anda sajikan, besar kemungkinan mereka akan merekomendasikan artikel anda dengan cara membagikannya melalui media sosial. Dan secara otomatis, ini akan meningkatkan persentase traffic kunjungan ke blog anda.

2. Manfaatkan Media Sosial

Beberapa Blogger yang saya kenal, tidak banyak dari mereka yang terlalu aktif di media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+ dan lain-lain. Mungkin hanya sesekali saja. Blog mereka menyajikan konten berkualitas yang telah di optimalkan dengan sentuhan SEO sehingga banyak mendapatkan traffic kunjungan yang berasal dari mesin pencari.

Perlu diketahui bahwa, kunjungan organik yang berasal dari search engine seperti Google, Bing, Yahoo dan teman-temannya lebih bernilai dibandingkan dengan traffic yang berasal dari platform media sosial. Dan jika anda adalah seorang Publisher Google Adsense, ini akan berpengaruh terhadap nilai CPC yang anda peroleh.

Namun jika anda baru terjun ke dunia blogging, berbagi posting blog kepada teman Facebook atau follower twitter anda adalah salah satu cara praktis untuk menjaring visitor ke blog anda.

Perhatikan bagaimana anda berinteraksi di berbagai platform media sosial? Berapa frekuensinya? Bagaimana memastikan setiap posting baru yang anda tulis memang layak dibagikan kepada follower anda di waktu yang tepat.

Sadarlah bahwa bukan hanya follower anda yang akan mengetahui tentang pos baru anda. Karena sangat mungkin ada orang yang menyimpan lintasan di pos baru berdasarkan kata kunci atau hashtag.

3. Gunakan Hashtag (#) dan Kata Kunci yang Relevan

Ketika membagikan artikel blog terbaru anda di platform media sosial apakah itu menarik minat? Apakah anda mendapatkan pembagian ulang, suka, dan komentar organik? Jika tidak, ada yang salah dengan strategi pemasaran anda. Entah pos anda memiliki konten yang menarik atau anda belum dapat menyajikannya dengan baik di media sosial.

Pelajari tentang konsep hashtag, kata kunci, dan konteks yang relevan untuk menarik lebih banyak orang. Gunakan beberapa alat untuk mengetahui media sosial mana yang membawa lebih banyak lalu lintas ke blog anda.

Apa alasan mengapa platform lain tidak mendapatkan tanggapan sebanyak itu? Cobalah posting dengan cara yang menarik. Itu harus menjadi perpaduan sempurna dari pos yang tepat dengan hashtag dan kata kunci yang relevan.

5. Blog Comment

Cara praktis lainnya adalah dengan meninggalkan jejak komentar di blog lain. Berikan komentar yang relevan, buat ulasan singkat dan ajukan pertanyaan terkait topik artikel yang sedang dibahas. Hindari meminta langsung untuk kunjungan balik ke blog anda.

Dalam dunia blogging, ada semacam aturan tak tertulis diantara para Blogger bahwa meninggalkan komentar di blog lain akan menarik orang lain untuk mengunjungi blog anda.

6. Bergabung dengan Forum atau Komunitas

Memahami niche atau topik anda cukup penting. Misalnya, jika blog anda membahas topik seputar kesehatan, cobalah untuk membuat konten yang memiliki nilai dan mampu memberikan solusi.

Kunjungi forum atau komunitas yang relevan dan berpartisipasi. Libatkan diri anda dalam sebuah diskusi yang sedang hangat diperbincangkan. Lalu bagikan link artikel anda disana. Jika memang konten anda relevan dengan topik yang sedang dibahas, kemungkinan besar mereka akan melakukan klik dan mengunjungi blog anda.

7. Evaluasi Hasil Tulisan Anda

Lakukan evaluasi pada hasil tulisan anda, mana yang mendatang traffic dan mana yang kurang menarik perhatian pengunjung. Beberapa posting akan selalu lebih baik dari yang lain. Jelas, ada sesuatu di dalamnya yang bisa menarik lebih banyak pengunjung.

Demikian pula, jika komentar bukan sesuatu yang terjadi secara rutin di postingan anda, beberapa pos yang menarik komentar berarti ada alasan di baliknya. Cobalah menganalisis. Luangkan waktu untuk posting terbaik anda, pahami apa yang lebih baik yang kurang di posting lain. Dengan melakukan evaluasi, setidaknya anda dapat menarik pembaca untuk berlangganan artikel terbaru di masa mendatang.

8. Yakinkan Diri Anda dan Pembaca Blog Anda

Ingat bahwa blog dan posting anda adalah milik anda. Jika anda tidak yakin, anda tidak akan pernah bisa meyakinkan orang lain. Luangkan waktu untuk melatih kemampuan menulis anda. Setelah anda berada di jalur yang benar, anda akan menemukan cara anda sendiri untuk unggul lebih dan meningkatkan percaya diri anda.

Karena, anda harus memiliki alasan yang tepat mengapa seseorang harus menghabiskan waktu untuk membaca posting artikel 300 s/d 3000 kata di blog anda.

Anda perlu meluangkan waktu untuk meneliti dan memahami dengan baik bagaimana cara meningkatkan lalu lintas kunjungan ke blog anda. Sebenarnya tidak ada cara lain yang lebih efektif selain teknik SEO. Namun bagi Blogger pemula, 8 cara diatas dapat anda coba saat pertama kali anda terjun ke dunia blogging.

Walaupun mungkin pada prakteknya anda akan merasa bahwa anda berada di sebuah lorong gelap tanpa ujung dan belum menemukan cahaya yang terlihat, tapi situasinya tidak akan lama. Saya yakin anda akan menjadi seorang content marketing yang handal jika anda mau berlatih setiap hari.

Berhenti mencoba tidak akan membawa anda pada keahlian itu. Demikian pula, anda harus memiliki dorongan untuk menyelam lebih dalam agar mendapatkan lebih banyak traffic kunjungan ke blog anda. Saran terbaik saya adalah, cobalah untuk memahami apa itu SEO dan mempelajari cara menulis artikel yang berkualitas dan SEO friendly.

Pada akhirnya, saya ingin meminta sesuatu. Ketika anda menemukan cara yang lebih efektif dalam meningkatkan traffic blog, jangan lupa untuk kembali dan membagikannya di bagian komentar sehingga orang lain dapat memperoleh bantuan dan mendapatkan pencerahan dari anda.
Comments


EmoticonEmoticon