09/13/18 - PasBlogger

2018-09-13

Apa itu Dropship dan Cara Sukses Menjalankan Bisnis Dropship

Apa itu Dropship?

Apa itu Dropship?

Dropship adalah dimana anda meminta supplier untuk mengirimkan barang pesanan ke pelanggan dengan mencantumkan nama, alamat, nomor contact atau nama toko anda sebagai pihak pengirimnya. Sederhananya, pelanggan membeli produk kepada anda, anda membeli ke supplier dan supplier mengirimkan produk ke pelanggan atas nama anda.

Dropshipping adalah pilihan yang sangat baik untuk memulai usaha online dengan modal yang relatif kecil, bahkan bisa dibilang nyaris tanpa modal. Karena dengan menjalankan bisns droship, anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk stock produk. Disini anda hanya akan melakukan pembelanjaan produk ketika telah menerima order dari pelanggan anda.

Namun, Pemilihan produk dropship yang tepat sangat penting untuk profitabilitas bisnis anda.

Jadi, sebelum anda berencana untuk melakukan dropshipping online, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah perencanaan atau melakukan riset untuk menentukan produk yang akan anda jual.

Carilah supplier yang menjual produk berkualitas dengan harga yang kompetitif dan telah memiliki reputasi yang baik dari pelanggan mereka.

Memilih supplier yang tepat untuk produk yang akan anda jual adalah salah satu proses penting yang harus anda lewati.

Pilihan terbaik yang saya sarankan adalah membeli contoh produk dari mereka dan menganalisis kualitas produknya serta memperhatikan bagaimana cara mereka melayani konsumen. Jika Anda puas dengan produk dan pelayanan mereka, segera komunikasikan bahwa anda akan menjadi dropshipper mereka.

Kemudian berlangganan pada mereka dengan catatan margin keuntungan yang anda dapatkan cukup memuaskan. Jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil (seperti kata Bang Iwan: "yang sedang-sedang saja" hehe). Ini adalah langkah awal untuk menunjang kesuksesan bisnis dropship anda kedepannya.

Pengalaman saya, meski memang proses mengidentifikasi supplier yang tepat untuk masing-masing produk adalah membosankan dan memakan waktu, tapi ini akan terbayar ketika produk yang anda jual laris di pasaran.

Dan berikut ini adalah screenshot beberapa transaksi hasil penjualan dari salah satu lapak saya dengan menerapkan strategi bisnis Dropship yang akan kita bahas ini. Hasilnya memang tidak seberapa, tapi cukup untuk memenuhi kebutuhan kuota bulanan saya, hehe.



Dengan mengidentifikasi supplier yang benar-benar dapat diandalkan, maka secara tidak langsung anda pun dapat memberikan kepuasan kepada semua konsumen anda. Inilah fungsi dan manfaat dari seorang Dropshipper. Dan ketika pelanggan puas, maka kemungkinan pelanggan melakukan repeat order akan semakin besar. Saat itulah anda dapat memetik dan menikmati hasilnya.

Peran Layanan Dropship (Dropshipper) adalah melakukan semua transaksi dengan supplier terbaik dan membantu serta menghemat waktu para pelanggan dalam mengidentifikasi supplier yang berkualitas.

Memilih Supplier yang Tepat

1. Bekerjasama dengan Toko Grosir Terdekat
Skema Dropshipping
Ada dua opsi yang sudah pernah saya lakukan untuk memilih supplier yang tepat. Pertama, anda dapat memanfaatkan toko grosir yang ada disekitar lokasi anda lalu membeli produknya dan menganlisa kualitasnya. Jika produknya benar-benar berkualitas, datanglah kembali untuk meminta izin bahwa anda akan membantu memasarkan produknya secara online (usahakan buat janji terlebih dahulu).

Katakan bahwa anda bisa meningkatkan omzet penjualan bulanan mereka dengan catatan anda mendapatkan harga yang kompetitif dari mereka. Jika anda beruntung, mereka akan memberikan harga spesial untuk anda dan anda tinggal foto saja semua produk yang ada di tokonya untuk kemudian anda pasarkan melalui marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dan lain-lain.

Namun, proses negosiasi ini biasanya akan berlangsung sangat alot. Bisa saja mereka menolak anda (ingat, masalah harga itu sangat sensitif). Santai saja dan jangan terlalu serius, beri mereka waktu beberapa hari untuk mempertimbangkan bantuan kerjasama anda. Tinggalkan nomor contact anda untuk memudahkan mereka menghubungi anda ketika mereka berubah pikiran.

2. Mencari Supplier di Maketplace dan Menjual di Marketplace Lain
Opsi kedua yang saya lakukan adalah 'mengintip celah' peluang yang ada di setiap Marketplace. Jika anda pernah mengunjungi website marketplace atau pernah berbelanja online di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain-lain. Mungkin anda pernah menemukan toko online, seller atau lapak dengan penjualan yang signifikan disetiap harinya.

Produk mereka sangat laris di pasaran dan banyak pelanggan yang sudah memberikan review (ulasan) positif di toko atau lapak mereka. Review kepuasan pembeli ini ditandai dengan level bintang atau feedback positif dan biasanya toko atau lapak tersebut sudah memiliki emblem Pelapak Premium, Good Seller atau  Seller Terbaik jika di Bukalapak. Dan jika di Tokopedia, Seller terbaik biasanya ditandai dengan emblem Diamond.

Jika anda sudah menemukan seller terbaik di salah satu marketplace, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menganailsa tingkat kompetitif harga dari setiap produk yang mereka jual.

Caranya, ketikkan nama produk mereka di kotak pencarian website marketplace. Jika sudah keluar hasilnya, akan muncul beberapa produk yang sama yang dijual oleh seller lainnya. Kemudian, lakukan filter pencarian produk dengan harga terendah, Seller Premium dan review bintang tertinggi atau diatas empat bintang.

Jika anda menemukan seller terbaik dengan review positif terbanyak dan menjual produk tersebut dengan harga termurah, anda tinggal ikuti alurnya seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Namun kali ini anda harus melakukan chat dengan mereka terlebih dahulu.

Tanyakan apakah stock barang yang akan anda beli masih tersedia dan berapa lama estimasi waktu pengiriman yang dibutuhkan untuk sampai ke alamat anda. Ini adalah langkah awal untuk mengetahui apakah mereka benar-benar dapat diandalkan untuk bisa anda jadikan sebagai supplier anda nantinya. Perhatikan bagaimana cara mereka menjawab pertanyaan anda dan seberapa cepat respon mereka membalas chat anda.

Jika respon chat mereka cepat dan menjawab chat anda dengan profesional, anda bisa melakukan pembelian produk mereka dan menganalisa kualitas produknya.

Nah... sampai disini jika semuanya sudah OK dan barang sudah anda terima tanpa cacat dan estimasi pengiriman sesuai denga apa yang mereka katakan, lakukanlah review positif di toko mereka lalu hubungi mereka dan katakan bahwa anda sangat terkesan dengan produk mereka dan ingin menjual kembali produk mereka dengan cara dropship.

Jika mereka mengizinkan, anda tinggal download foto produknya, edit sedikit dan upload di toko online atau lapak anda yang ada di marketplace lain.

Misalnya, jika anda menemukan supplier di Tokopedia maka anda harus menjualnya di Shopee, Lazada atau Bukalapak dan lain-lain. Jangan lupa untuk setting alamat pengiriman yang sama dengan supplier anda.

Strategi Menjalankan Bisnis Dropship

Membuat Judul Produk Agar Mudah Ditemukan Calon Pembeli
Jika Anda memiliki pengalaman dalam dropshipping maka saya akan sangat merekomendasikan untuk melakukan riset keywords (kata kunci) yang berhubungan dengan produk yang akan anda jual.

Caranya ketikkan nama (kata kunci) produk di kotak penelusuran Google dan lihat beberapa toko yang menjual produk terkait yang muncul di halaman hasil penelusuran Google. Nah mereka itulah yang akan menjadi calon pesaing anda nantinya. Kunjungi tokonya satu persatu (di tab baru) lalu perhatikan judul dan deskripsi produk mereka untuk anda pelajari.

Apa itu Dropship


Setelah itu, lihat kebawah tampilan halaman penelusuran Google dan perhatikan beberapa related keyword yang sering diketikkan oleh pengguna terkait produk yang akan anda jual. Simpan atau catat di Notepad related keyword tersebut, untuk nanti anda racik kedalam judul dan deskripsi produk anda. Ini merupakan proses SEO off-page dan memang akan sedikit rumit jika anda belum memahami SEO dan SEM. Namun cara ini merupakan salah satu cara yang saya sukai dan hasilnya memang sangat efektif.

Langka kedua cara membuat judul produk agar mudah ditemukan calon pembeli anda adalah melakukan riset kata kunci di website marketplace tempat anda menjual produk tersebut. Caranya hampir sama seperti riset keyword di Google.

Ketikkan keyword nama produk di kotak penelusuran website marketplace (biarakan saja jangan di klik), karena akan muncul beberapa saran kata kunci yang sering diketikkan oleh pembeli di marketplace tersebut. Lalu simpan atau catat di Notepad anda.

Oh ya jika di Bukalapak, setelah anda ketikkan keyword dan klik pencarian maka akan mucul related keyword. Simpan semua kata kunci yang anda temukan untuk kemudian diracik senatural mungkin kedalam judul produk dan deskripsi anda.

Ini merupakan proses SEO on-page yang akan membantu meningkatkan tingkat visibilitas (keterlihatan) produk anda di halaman pertama hasil pencarian website marketplace. Jika anda menerapkan formula strategi SEO off-page dan SEO on-page dengan benar, ini akan semakin mengukuhkan peringkat produk anda di hasil halaman penelusuran Google dan hasil penelusuran halaman marketplace bahkan tanpa beriklan sekalipun.

Teknik ini sering digunakan oleh seorang webmaster atau ahli SEO dan SEM untuk mengoptimasi website dari mulai membuat website meluncurkannya dan mengelolanya hingga sukses.

Dan biasanya, setiap produk yang tampil di peringkat teratas akan cenderung mendapatkan klik dan hampir bisa dipastikan akan kebanjiran order. Kenapa? Ingat disini anda telah melakukan riset produk dan anda menjual produk terlaris yang menjadi produk favorit para shopper online, berkualitas dan dengan harga yang sangat kompetitif.

Nah, jika anda melakukan senua proses diatas, saya yakin bahwa menjadi Dropshipper sukses dengan profitabilitas yang signifikan bukan hanya menjadi impian belaka. Dan ketekunan serta kekuatan doa anda adalah modal utama agar bisnis dropship anda bisa berjalan maksimal.

Demikian penjelasan singkat tentang apa itu Dropship dan bagaimana strategi cara sukses menjalankan bisnis Dropship. Karena keterbatasan pemahaman saya, mohon tambahkan jika ada yang kurang atau jika anda memiliki pengalaman dropshipping silakan gunakan kolom komentar yang tersedia untuk berbagi dengan teman-teman lainnya. Terima kasih telah mengunjungi PasBlogger dan semoga bermanfaat.