09/24/18 - PasBlogger

2018-09-24

11 Cara Menulis Artikel yang Berkualitas dan SEO-Friendly

Gambar Cara Menulis Artikel yang Berkualitas dan SEO Friendly

Menulis artikel yang berkualitas dan SEO-friendly adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan traffic blog atau website anda. Algoritma Google saat ini lebih mengutamakan user experience dan user engagement. Dengan kata lain, Google akan mempersilakan artikel anda untuk menduduki peringkat atas di SERP, jika pengguna menyukai dan merekomendasikan artikel anda ke berbagai platform media sosial, memberikan reaksi positif, interaksi, efek, atau pengalaman yang baik secara keseluruhan, saat berkunjung ke blog anda. Jadi, sudah saatnya anda harus benar-benar memperhatikan kualitas artikel untuk pengunjung blog anda.

Ketika teknologi internet semakin berkembang, setiap orang dapat dengan mudah mengakses informasi yang tersebar di internet. Jutaan artikel baru, di publish setiap harinya. Bukan hal mudah untuk mendapatkan perhatian pembaca, kecuali jika anda konsisten menyajikan artikel berkualitas yang menarik perhatian mereka.

Artikel yang berkualitas dan SEO-friendly akan memberikan banyak keuntungan, seperti meningkatkan traffic blog, mendapatkan backlink dan mendapatkan kepercayaan dari pengunjung blog anda. Mungkin beberapa tips dibawah ini akan membantu anda mendapatkan perhatian yang layak dari pengunjung blog anda.

11 Cara Menulis Artikel yang Berkualitas dan SEO-Friendly

1. Pemilihan Topik

Tulis artikel sesuai dengan topik yang anda kuasai. Buatlah artikel yang mampu memberikan solusi relevan bagi pembaca yang sudah merelakan waktu dan kuotanya untuk berkunjung ke blog anda. Jangan kecewakan mereka atau anda akan kehilangan mereka untuk selamanya. :)

2. Target Audiens

Gambar Target Audiens Pembaca Blog

Sebelum mulai menulis, anda harus tahu betul siapa yang anda targetkan dengan topik artikel yang anda tulis dan pembaca seperti apa yang ingin anda jangkau. Audiens adalah calon pembaca yang membutuhkan informasi terkait topik dan layanan anda. Buat artikel yang menarik dan usahakan untuk selalu menjawab semua pertanyaan yang mungkin ditanyakan audiens anda.

2. Riset Keyword (Kata Kunci)

Setelah mengenal audiens anda, gunakan alat riset keyword seperti Google Keyword Planner, UbersuggestMoz Keyword Explorer dan lain-lain. Riset keyword membantu anda menemukan keyword apa yang ditelusuri target audiens anda di Google. Ini juga membantu anda menemukan seberapa kompetitif tingkat persaingan keyword terkait topik artikel anda. Gabungkan keyword dari hasil riset ke dalam artikel anda.

3. Keyword Stuffing (Penjejalan Kata Kunci)

Image Keyword Stuffing
Source: SEOPressor

Keyword sangat penting ketika menulis artikel untuk blog atau website anda. Penggunaan keyword yang tepat dapat memudahkan audiens untuk menemukan artikel anda di internet. Namun, terlalu banyak menggunakan dan mengulang-ulang keyword secara berlebihan akan mempengaruhi kualitas artikel anda.

Jangan lakukan praktek keyword Stuffing, gunakan keyword sewajarnya dan buatlah senatural mungkin.Tulis artikel untuk audiens anda, bukan untuk mesin pencari. Ketika anda menulis artikel yang relevan maka keyword akan masuk dengan sendirinya ke dalam artikel anda.

4. Libatkan Emosi Pembaca Anda

Artikel anda harus membuat pembaca merasakan sesuatu. Judul artikel anda harus mendorong calon pembaca untuk melakukan klik, pengantar anda harus menarik pembaca sehingga membuat mereka ingin membaca artikel anda sampai titik kata penghabisan :).

5. Buat Artikel Anda Ramah Pembaca

Buatlah paragraf singkat, kalimat yang singkat, dan hindari pengulangan. Saat menulis, pastikan struktur kalimat anda, nada, gaya dan pilihan kata dapat mendorong pembaca ke dalam tindakan seperti berlangganan email atau menggunakan layanan yang anda tawarkan dan lain-lain. Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.

6. Internal Links

Saat menulis artikel, jika anda menemukan bahwa ada topik artikel yang terkait dengan topik yang sedang anda bahas, alih-alih mengulangi poin-poin ini setiap kali atau menulis posting blog baru. Membuat internal link akan menghemat waktu anda.

Ini juga membantu search engine mengetahui bahwa situs atau blog anda memiliki konten yang relevan, meningkatkan hasil pencarian, memberikan backlink sehingga membantu artikel lainnya menjadi tetap segar.

Search engine menggunakan link-link ini untuk memahami bagaimana halaman di blog anda terkait. Internal linking adalah salah satu upaya SEO on-page untuk memberikan sinyal kepada robot search engine bahwa setiap konten anda memiliki keterkaitan.

7. External Links

Jika Anda menggunakan konten situs web lain, pastikan Anda menautkannya di artikel anda. Kutip sumber anda karena ini adalah hal yang benar untuk dilakukan. Ini juga dapat memberi anda backlink atau kutipan di masa mendatang. Mengutip sumber juga menunjukkan bahwa informasi yang anda berikan kredibel.

8. Edit Artikel Anda

Pastikan pekerjaan anda telah sempurna sebelum dipublikasikan. Gunakan alat seperti Grammarly untuk memeriksa tata bahasa dan struktur kalimat. Periksa kembali kesalahan ejaan dan hanya gunakan kata-kata yang Anda yakini maknanya.


9. Gunakan Media Sosial

Ikon Media Sosial


Gunakan media sosial untuk mengukur tingkat kesuksesan artikel anda. Promosikan di grup atau forum-forum yang sesuai dengan topik yang anda bahas. Share dan perhatikan tanggapan mereka.

10. Gunakan Google Analytics

Menggunakan Google Analytics akan membantu Anda melacak statistic traffic situs web atau blog anda. Mengetahui Dari mana asal sumber traffic,  URL perujuk, situs yang merujuk ke blog anda, keyword yang diketik audiens sehingga menemukan artikel anda dan lain-lain.

11. Buat artikel Anda Mudah Dipahami

Sebagian besar pembaca web, cenderung ingin mendapatkan kesimpulan dari sebuah artikel untuk informasi relevan yang mereka butuhkan. Jadi, anda harus meletakkan informasi terpenting di bagian awal dan memastikan artikel anda dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca.

  • Gunakan sub-header untuk memisahkan poin-poin penting pada artikel anda. Header akan memandu pembaca saat mereka menavigasi halaman anda.
  • Gunakan gambar (video jika memang diperlukan) ke dalam artikel anda. Berdasarkan penelitian, otak manusia memproses informasi visual 90% lebih cepat daripada teks.

Itulah 11 Cara menulis artikel yang berkualitas dan SEO-friendly menurut versi Pasblogger. Silakan tambahkan melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.